Omega-3: Bagaimana Anda mendapatkan asupannya?

Author -  Good Health
Jika Anda adalah pembaca reguler blog kami, kami yakin Anda telah memperhatikan betapa pentingnya kandungan asam lemak Omega-3 dalam makanan sehari hari untuk memberi manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.
Omega-3 adalah salah satu nutrisi paling penting untuk diprioritaskan karena  memberikan banyak manfaat. Kebanyakan orang tidak tahu berapa banyak omega 3 yang mereka dapatkan. Baca terus untuk memahami mengapa Omega-3 begitu penting dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pemgetahuan yang lebih baik tentang bagaimana mangukur asupannya. 

Mengapa Omega-3 adalah lemak baik

Omega-3 adalah asam lemak yang sangat penting untuk kesehatan. Merupakan lemak baik yang perlu kita tambahkan dalam menu sehari-hari, terlebih karena tubuh kita tidak dapat memproduksinya sendiri.
Omega-3 ini menunjang kesehatan jantung. Mengatur detak jantung lebih teratur dan membuat tekanan darah normal. Omega-3 juga menetralisir dan membuang kolestrol jahat (trigliserida). Lemak jahat dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung. Lemak baik (Omega-3) ini tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung saja tetapi juga baik untuk osteoarthritis, inflamasi dan gangguan autoimun.
Dengan asupan Omega-3 yang cukup bagi anak-anak dapat membantu mereka untuk belajar dan berperilaku lebih baik. Omega-3 juga membantu memelihara tingkat dopamine yang baik, meningkatkan pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan syaraf serta meningkatkan sirkulasi celebral di otak. Artinya, otak anak kita mendapatkan nutrisi yang sangat baik sehingga otak dapat berkerja secara maksimal. Penelitian menemukan bahwa penderita ADHD atau anak yang kurang dapat berkonsentrasi mempunyai tingkat Omega-3 yang sangat rendah. Maka dari itu pastikan secara seksama asupan Omega-3 yang tinggi pada menu sehari-hari kita.

Dimana Omega-3 bisa didapatkan?

Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kadar Omega-3, minyak ikan adalah pilihan terbaik, terutama salmon segar dan ikan kecil seperti ikan sarden dan ikan teri - bagaimanapun, makanan laut pada umumnya adalah pilihan terbaik, jadi tambahkanlah ke daftar belanjaan Anda sebisa mungkin. Pilihan menu hewani ini, terutama ikan yang  berminyak, mengandung varietas EPA dan DHA dari Omega-3, memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. EPA dan DHA Omega-3 yang tinggi adalah salah satu persyaratan vital untuk fungsi kerja dari tubuh kita, terutama di otak dan mata. Maka dari itu pastikan untuk memasukkan varietas ini dalam asupan kita sehari-hari secara maksimal.
 

	
Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kadar Omega-3, minyak ikan adalah pilihan terbaik, terutama salmon segar dan ikan kecil seperti ikan sarden dan ikan teri - bagaimanapun, makanan laut pada umumnya adalah pilihan terbaik, jadi tambahkanlah ke daftar belanjaan Anda sebisa mungkin. Pilihan menu hewani ini, terutama ikan yang  berminyak, mengandung varietas EPA dan DHA dari Omega-3, memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. EPA dan DHA Omega-3 yang tinggi adalah salah satu persyaratan vital untuk fungsi kerja dari tubuh kita, terutama di otak dan mata. Maka dari itu pastikan untuk memasukkan varietas ini dalam asupan kita sehari-hari secara maksimal.
Untuk para vegetarian dan vegan, alternatif sumber yang baik untuk Omega-3 bisa juga di dapat dari flaxseed, chia seed, EPO, alpukat, sayuran hijau gelap dan kacang-kacangan.  Mereka memiliki Omega-3 yang mengandung ALA, yang kemudian diubah tubuh menjadi EPA dan DHA. Sementara tubuh Anda tidak dapat mengubah semua ALA nabati menjadi EPA dan DHA, (artinya dampak yang menguntungkan tidak sekuat yang di dapat dari minyak ikan), tetapi dengan adanya asupan tersebut didalam makanan anda, akan tetap membantu meningkatkan asupan Omega-3 secara keseluruhan dan merasakan manfaatnya.
 
Jika Anda bukan penggemar menu ikan, bisa juga mencoba Goodhealth Omega-3. Suplemen tambahan ini akan membantu meningkatkan EPA dan DHA Omega-3. Merupakan pilihan tepat untuk membantu menjembatani kesenjangan antara apa yang Anda dapatkan dalam makanan Anda dan apa yang tubuh Anda perlukan.

Keseimbangan Asupan Omega-3 vs Omega-6

Seperti kebanyakan hal, modernisasi adalah kunci untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Ini sama dengan Omega-3 dan Omega-6. Menu makanan di era sekarang ini mengandung lemak Omega-6 yang jauh lebih banyak dan kadar Omega-3 yang sangat rendah.
Omega-6 terutama bersumber dari jagung, kedelai, kanola, safflower, dan minyak bunga matahari. Ini merupakan asupan yang berlebihan dalam diet di era modern ini. Hal tersebut menjelaskan kelebihan asupan Omega-6 pada tubuh kita.
Banyak ilmuwan percaya ketidakseimbangan  antara Omega-3-Omega-6 adalah penyebab utama berbagai kondisi yang kita lihat sekarang, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, obesitas, penuaan dini, penyakit peradangan dan beberapa bentuk kanker. Maka dari itu lindungilah diri anda dengan menyertakan suplemen Omega-3 setiap harinya.

Apakah asupanmu sudah mencukupi?

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memerlukan Omega-3 lebih banyak. Banyak juga yang tidak menyadari mereka memerlukan Omega-3. Semakin anda memahami perlunya asupan Omega-3, maka keluarga anda akan semakin sehat.
Omega-3 sangat penting untuk kelangsungan fungsi dari tubuh kita, termasuk untuk kulit, jantung, otak, dan organ lainnya. Baik itu dengan menghidangkan lebih banyak ikan atau dengan memberikan suplemen Omega-3 tambahan.