mengapa kita tidak boleh meremehkan sistem kekebalan tubuh kita. 

Tanpa kita sadari sistem kekebalan tubuh kita bekerja tanpa henti untuk melindungi tubuh dari serangan pathogen (bakteri, virus dan jamur). Seringkali kita baru menyadarinya ketika kekebalan tubuh tidak lagi dapat melindungi kita. Ketika pathogen menebus kekebalan tubuh, maka akan terjadi infeksi. Misalnya batuk dan pilek. Karena kekebalan tubuh terus siaga sepanjang waktu, maka akan dengan cepat dapat menemukan dan membunuh pathogen yang menyebabkan infeksi tersebut. Tetapi jika kekebalan tubuh lemah, maka dia tidak dapat merespon dengan cepat.

Apakah fungsi dari Kekebalan Tubuh?

Terjemahan “immunis” dari bahasa latin adalah “bebas”. Berarti kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga agar tubuh terbebas dari kuman-kuman jahat di sekliling kita. Sistem kekebalan tubuh merupakan pusat dari sistem pertahanan kita. Adanya komunikasi yang dinamis antara sistem tubuh yang berbeda memungkinkan sistem kekebalan mengenali dan mengingat sel patogen sehingga kekebalan tubuh dapat membasmi mereka dengan cepat. Kekebalan tubuh yang berfungsi secara maksimal akan melindungi tubuh tetap sehat.

Apakah Kekebalan tubuh bawaan?

Ketika bayi lahir, ada bawaan fisik dan kimia penghambat dan pelindung tubuh dari pathogen. Kulit, air liur, selaput lendir dan enzim kita bekerja sebagai  pertahanan pertama kita

Bagaimana cara kerja pertahanan pertama untuk melindungi kita?

Garis pertahanan pertama ini mencegah kuman dan / atau penyakit memasuki tubuh

Bagaimana hambatan fisik bekerja untuk melindungi kita?

Hambatan fisik bekerja melalui beberapa mekanisme,  mencakup air liur, selaput lendir dan asam lambung. Selaput lendir bekerja saat mereka menjebak mikroba patogen, dan menyaring debu dan polutan yang kita hirup. Rambut di hidung dan tenggorokan kemudian memindahkan mikroba yang terperangkap keluar dari tubuh. Bakteri menguntungkan pada kulit dan di dalam usus menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dan membuang microba melalui urin yang dapat menyebabkan infeksi kandung kemih.

Bagaimana perthanan kimia melindungi kita?

Kulit kita memiliki pelindung dan penghambat bakteri berupa lapisan tipis yang sedikit asam dan kelenjar sebasea yang mengeluarkan zat berminyak pada kulit kita. Enzim yang diproduksi dalam keringat, air mata dan air liur memecah dinding sel bakteri untuk menghambat fungsinya. Dan asam lambung dirancang untuk menghentikan patogen masuk ke saluran cerna

Apakah pertahanan barisan kedua?

Ketika garis pertahanan pertama gagal, tubuh mengaktifkan garis pertahanan kedua. Pertahanan kedua ini terdiri dari kumpulan sel darah putih yang merespon patogen atau zat asing, mereka berkomunikasi dengan sel lain, protein dan organ untuk memulai respon kekebalan tubuh. Setelah patogen diidentifikasi, sel kekebalan mengikat antibodi terhadap patogen. Hal ini memungkinkan perlindungan jangka panjang - jika patogen serupa muncul lagi, sistem kekebalan tubuh dapat merespons dengan cepat. Sel kekebalan melepaskan bahan kimia untuk menarik lebih banyak sel kekebalan ke tempat infeksi yang juga mengurung sel patogen tersebut sehingga membuatnya lebih mudah dibasmi.

Mengapa kita mengalami radang atau demam?

Dengan meningkatnya peradangan, tubuh membawa lebih banyak sel darah putih ke tempat infeksi, dengan cepat melacak respons dari sistem kekebalan tubuh. Dengan adanya peradangan, akan ada pembengkakan, kemerahan, panas, nyeri dan demam. Demam menghambat pertumbuhan bakteri dan meningkatkan tingkat perbaikan jaringan, meskipun demam bisa berbahaya tetapi  ini adalah respons alami dari sistem kekebalan tubuh yang diaktifkan dan berfungsi.

Banyak tidur, istirahat dan minum dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu proses pemulihan. Key immune yang mendukung nutrisi alami seperti Vitamin C, Colostrum, Echinacea dan Zinc juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Jadi, pada saat Anda merasa kurang sehat; Jangan lupa memberi dukungan pada sistem kekebalan tubuh anda. Jagalah kesehatan dengan menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena sistem kekebalan adalah aset paling berharga bagi tubuh kita.